Perangkat Virtual Reality untuk Membantu Pembelajaran Saat Pandemi - Etalase - majalah.tempo.co | Situs Berita Online Indonesia - majalah.tempo.co

Etalase 1/1

Sebelumnya Selanjutnya
text

Keterampilan Pemuda

Pandemi Covid-19 mengakibatkan institusi pendidikan dan pelatihan teknik dan vokasi ditutup. Hampir 70 persen peserta didik di seluruh dunia terkena dampak penutupan itu. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sekolah dan perguruan tinggi vokasi dapat menerapkan strategi khusus berupa simulasi untuk pembelajaran praktik. Perangkat virtual reality bisa digunakan untuk belajar via program simulator ataupun permainan.

i Quest Oculus
Quest Oculus

HARI Keterampilan Pemuda Sedunia, yang diperingati setiap 15 Juli, tahun ini diisi dengan kampanye pencarian keterampilan untuk pemuda ulet di era pandemi Covid-19 dan setelahnya. Pandemi ini mengakibatkan institusi pendidikan serta pelatihan teknik dan vokasi (TVET) ditutup. Hampir 70 persen peserta didik di seluruh dunia terkena dampak penutupan itu. Menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sekolah dan perguruan tinggi vokasi dapat menerapkan strategi khusus berupa simulasi untuk pembelajaran praktik yang porsinya sekitar 60 persen. Perangkat virtual reality berikut ini bisa digunakan untuk belajar via program simulator ataupun permainan



Berdiri Sendiri

Perangkat virtual reality Quest dari Oculus ini dipilih situs CNet dan PC Magazine sebagai The Best Standalone Virtual Reality Headset. Tidak membutuhkan komputer dan tidak ada kabel-kabel yang terlihat dan mengganggu. Menggunakan prosesor Snapdragon 835 dari Qualcomm dan panel layar OLED dengan resolusi 1.400 x 1.600 piksel. Baterainya dapat digunakan untuk bermain selama dua-tiga jam dan kapasitas penyimpanannya 128 gigabita.


Harga: Rp 6,91 juta



HTC Vive Cosmos

Terhubung Komputer

Vive Cosmos dari HTC ini dapat terhubung dengan komputer dan laptop berspesifikasi minimum prosesor Intel Core i5-4590 atau AMD FX 8350, kartu grafis 4 gigabita, memori 4 gigabita, serta sistem operasi Windows 10. Cosmos memiliki ukuran diagonal layar 3,4 inci dengan resolusi 1.440 x 1.700 piksel per mata. Tampilan perangkat virtual reality ini terinspirasi patung-patung karya arsitek Amerika Serikat, Frank Gehry.

Harga: Rp 10,06 juta



PlayStation VR

Pasangan Konsol

PlayStation VR dari Sony ini cocok untuk konsol game PlayStation 4 dan kemungkinan besar dapat bersanding dengan konsol game Sony yang akan datang, PlayStation 5.  Perangkat ini memiliki layar OLED berukuran 5,7 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel per mata. Untuk memainkan perangkat ini, diperlukan konsol game dan PlayStation Camera. Pembeli akan mendapat PlayStation Camera bila membeli paket PlayStation VR dan game Iron Man VR dari Marvel.

Harga: Rp 5,04 juta



Zeiss VR

Untuk Ponsel

Perangkat virtual reality untuk telepon seluler sepertinya mati suri sejak Google menghentikan Daydream View dan Samsung tak memperbarui Gear VR. Namun One Plus VR dari Zeiss ini dapat bekerja baik dengan ponsel berukuran layar 4,7 inci dan 5,5 inci, seperti iPhone 6, 6S, 6 Plus, 7, 7 Plus, 8, dan 8 Plus serta hampir semua seri Samsung Galaxy dan Android lain (kecuali LG G4 dan Sony Xperia Z5). One Plus VR memiliki field of view 100 derajat.

Harga: Rp 864 ribu

2020-08-04 18:17:00

Komputer Game Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan | Kemendikbud

Etalase 1/1

Sebelumnya Selanjutnya

Silahkan Login / Register untuk melanjutkan membaca artikel ini.
Anda akan mendapatkan 8 artikel gratis setelah Register.

Hubungi Kami :

Alamat : Gedung TEMPO, Jl. Palmerah Barat No.8, Jakarta Selatan, 12210

Informasi Langganan :

Email : cs@tempo.co.id

Telepon : 021 50805999 || Senin - Jumat : Pkl 09.00 - 18.00 WIB

Telp/SMS/WA : 0882-1030-2525 | 0882-1023-2343 | 0887-1146-002 || Senin - Minggu : Pkl 08.00 - 22.00 WIB

Informasi Lainnya :

Telp/SMS/WA : 0882-1030-2828 || Senin - Minggu : Pkl 08.00 - 22.00 WIB

Anda memiliki 3 free artikel untuk minggu ini. Dapatkan

8 artikel gratis setelah Register.